Seputar Peradilan

pakta

[Kota Bima, 09 September 2019] Guna mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Pengadilan Agama Bima, seluruh hakim dan pegawai PA Bima melakukan penandatanganan Pakta Integritas. Penandatanganan Pakta Integritas ini dilakukan di Ruang Sidang 'A' Pengadilan Agama Bima. Prosesi penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bima, Drs. Syafruddin, MH.

Prosesi penandatanganan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan pengucapan pernyataan pakta integritas oleh seluruh hakim dan pegawai yang dipandu oleh Ketua PA Bima. Kemudian hakim dan pegawai secara berurut melakukan penandatanganan pakta integritas.

Pakta Integritas ini berisi pernyataan tertulis yang memuat penegasan terhadap hal-hal sebagai berikut :

  1. Berjanji untuk berperan aktif dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi;
  2. Melaksanakn tugas dengan batasan-batasa kewenangannya;
  3. Bersikap jujur, transparan dan obyektif; dan
  4. Memberikan contoh yang baik kepada sesama pekerja;

Tujuan dari dilaksanakannya penantanganan pakta integrits adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi; menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabell dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.

Pada sambutannya Ketua Pengadilan Agama Bima mengingatkan bahwa penandatanganan pakta integritas ini merupakan sebuah komitmen. "Penandatanganan ini merupakan bukti komitmen kita dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan dan juga komitmen kita dalam bekerja"  

Penerapan penandatanganan perjanjian ini dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu dokumen tersebut merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik.

 

 

 


X

Right Click

No right click