222

Written by Afwan_tawon on . Hits: 1207

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

A. Sumber pengaduan:
(1) Dari masyarakat:
     - Para pencari keadilan;
     - Pengacara;
     - Lembaga bantuan hukum;
     - Lembaga swadaya masyarakat;
     - Dewan perwakilan rakyat;
     - Komisi ombudsman nasional dan lain-lain
(2) Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.
(3) Laporan kedinasan. Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.

B. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
C. Proses penanganan pengaduan: (1) Pencatatan; (2) Penelaahan; (3) Penyaluran; (4) Pembentukan Tim Pemeriksa; (5) Survey pendahuluan; (6) Menyusun rencana pemeriksaan; (7) Pelaksanaan pemeriksaan.

MATERI PENGADUAN
Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim.
    Penyalahgunaan wewenang atau jabatan.
    Pelanggaran sumpah jabatan.
    Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer.
    Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat.
    Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman.
    Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif.
    Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.


TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut:
Memeriksa pengaduan, meliputi: Indentitas pengadu; Relevansi kepentingan pengadu; Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
Bukti-bukti yang dimiliki pengadu. Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.
Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi: Identitas; Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat; Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.
Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.
Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.
Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).
Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Aplikasi Pendukung

pengaduan   simari   komdanas  sipp   direktori   sikep  abs  lpse  jdih  perpus

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bima

Jl. Gatot Subroto No. 10 Kelurahan Lewirato

Kecamatan Mpunda Kota Bima

Provinsi Nusa Tenggara Barat 

Kode Pos 84115

Telp: 0374-43209 Fax: 0374-45156

emial info@pa-bima.go.id  delegasi@pa-bima.go.id

6713699 preview Pengadilan Agama Bima

Jam Pelayanan

Senin - Kamis : 08.00-16.30 WITA

Jum'at           : 07.30-17.00 WITA

----------------------------------------

Istirahat

Senin - Kamis : 12.00-13.00 WITA

Jum'at           : 11.30-13.00 WITA

----------------------------------------

Jadwal Sidang

Senin-Kamis   : 09.00 WITA-selesai